Saturday 27 June 2015

Cara merawat rem cakram dengan baik dan benar

Sistem Pengreman adalah salah satu komponen penting yang harus ada pada motor dan tentunya harus di jaga untuk performa Rem yang dimiliki, Karena dengan adanya Rem pada motor akan membuat anda nyaman di jalan dan akan dapat meredam kecepatan dengan lebih baik dan menghindari dari kecelakaan. Untuk Rem yang kini banyak di gunakan oleh sepeda motor bebek, matic dan motor sport telah menggunakan Rem Cakram dan masih ada juga yang menggunakan Rem tromol. Tapi yang akan lebih membuat pengereman lebih baik adalah dengan menggunakan Rem cakram dan sekarang sudah ada motor bebek yang menggunakan Dual Rem Cakram yang tentunya akan sangat membuat sang pengendaranya aman dan nyaman.


Rem Cakram juga memerlukan perawatan yang tidak boleh di remehkan, Rem cakram sendiri adalah piringan cakram yang terbuat dari piringan baja yang kuat dan di lengkapi dengan kampas yang akan mencengkeram cakram dengan sangat kuat sehingga dapat meredam kecepatan dengan sangat maksimal.
Di bwah ini akan kami jelaskan mengenai Cara merawat rem cakram dengan baik dan benar
Memebersihkan Rem Cakram dengan Disk Cleaner
Pembersihan pada bagian piringan cakram sangatlah penting untuk di lakukan, karena piringan cakram akan snagat mudah kotor dan kotoran akan angat cepat menjadi kerak sehingga akan menganggu proses pengereman pada piringan cakram.  Pembersihan cakram dapat di lakukan dengan mudah dan menggunakan cairan Disk Cleaner yang memang di khsuskan untuk membersihkan piringan cakram yang akan membuat proses pembersihan piringan cakram lebih mudah dan akan lebih bersih dari yang namanya kotoran dan kerak yang menempel pada cakram.

Perhatikan Minyak Rem
Minyak Rem yang di gunakan oleh Cakram akan snagat berpengaruh untuk membuat proses pengereman menjadi lebih baik dan tentunya akan semakin membuat sang pengendara semakin nyaman dan akan semakin pakem saat melakukan pengereman. Pengantian berakala pada minyak Rem akan mengembalikan performa Rem cakram lebih baik , tambahlah minyak Rem jika minyak Rem semakin berkurang.

Menghilangkan Bunyi berdesis pada Cakram
Dengan proses pengereman tentunya piringan cakram dan kanvas akan mengalami gesekan yang sangat kuat dan akan berusahan menghentikan laju motor dengan baik. Dengan semakin banyak melakukan gesekan tersebut, permukaan cakram dengan kanvas akan mengalami pengikisan dan tentunya untuk piringan cakram akan mengalami bunyi berdesi yang mengganggu pendengaran kita. Untuk menghilangkannya anda tinggal mengampelas kanvas rem atau piringan cakram sehingga bunyi berdesis tersbeut hilang.
 apabila kanvas sudah tipis atau habis sebaiknya diganti dengan yang baru,

demikian informasi tentang Cara merawat rem cakram dengan baik dan benar   yang bisa saya sampaikan
semoga bermanfaat , Terima kasih :)

No comments: